PERAN GURU PAI DALAM PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI

Penulis

  • Thulus Gajay Syahbana Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arif Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Putri Puspa Dewi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Implementasi Kurikulum, Peran Guru, Pengembangan Kurikulum

Abstrak

Kurikulum merupakan relnya pendidikan untuk membawa siswa agar dapat hidup sesuai dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat serta membekali siswa baik dalam bidang pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat. Prinsip pengembangan kurikulum menunjuk pada pengertian tentang berbagai hal yang harus dijadikan patokan dalam menentukan berbagai hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum, terutama dalam fase perencanaan kurikulum (curriculum planning), yang pada dasarnya prinsip-prinsip tersebut merupakan ciri dari hakikat kurikulum itu sendiri. Bentuk penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah penelitian studi pustaka, yang diperoleh berdasarkan literatur berupa buku, catatan, sampai laporan hasil penelitian. Serta metode pengumpulan data dengan cara aktivitas membaca dan mencatat berbagai sumber yang bersangkutan. Hasil penelitian ini adalah pengembangan kurikulum melibatkan banyak pihak, terutama guru yang bertugas di kelas. Peran guru dalam mengimplementasikan kurikulum memegang posisi kunci, dalam proses pengembangan kurikulum peran guru lebih banyak dalam tatanan kelas. Kelas merupakan tempat untuk melaksanakan dan menguji kurikulum. Di sana semua konsep, prinsip, nilai, pengetahuan, metode, alat, dan kemampuan guru diuji dalam bentuk perbuatan, yang akan mewujudkan bentuk kurikulum yang nyata dan hidup.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30