PENERAPAN SIFAT ASMAUL HUSNA DALAM PENJAGAAN IMAN, ISLAM, DAN IHSAN TERHADAP KARAKTER SANTRI PP. AL-MUKHLISIN BATU
Kata Kunci:
Asmaul Husna, Pendidikan Islam, Pengembangan karakter, Transformasi spiritual, Penelitian kualitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan sifat-sifat Asmaul Husna dalam menjaga iman, praktik Islam, dan keunggulan moral (Ihsan) di kalangan siswa Pondok Pesantren Al-Mukhlisin di Batu. Dengan pendekatan penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa penerapan sifat-sifat Asmaul Husna secara signifikan berkontribusi pada pengembangan spiritual siswa, perilaku etis, dan komitmen pada prinsip-prinsip Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi pemahaman dan praktik Asmaul Husna mendorong transformasi karakter yang positif di kalangan siswa. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik dan administrator di lembaga-lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan ajaran spiritual dan moral secara efektif.