PERAN GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK KELAS I'DADIYAH DI PONDOK PESANTREN PPAI DARUN NAJAH NGIJO KARANGPLOSO MALANG

Penulis

  • Didin Sirojudin universitas kh Abdul Wahab Hasbullah
  • Nadiya Intan Acnesiya universitas kh Abdul Wahab Hasbullah

Kata Kunci:

Peran Guru pai, Kecedasan Emosional, Kecerdasan Spiritual

Abstrak

Adapun permasalahan yang dibahas yaitu : Bagaimana peran guru agama islam di PPAI Darun Najah dalam mengembangkan kecerdasan emosi dan spiritual siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran guru agama islam yang dilakukan di Yayasan PPAI Darun Najah Malang dalam upaya pengembangan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual siswa. Jenis penelitian yang digunakan peneliti lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan Conclusion drawing atau Verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dimiliki guru di PPAI Darun Najah kota Malang dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual secara umum bisa dikatakan baik atau positif. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa peraturan dan hukuman yang disepakati oleh para guru untuk membantu menunjang kecerdasan para siswa. Peran guru agama islam di PPAI Darun Najah dalam mengembangkan kecerdasan siswanya sudah bisa dilihat melalui kegiatan sehari-harinya dalam lembaga formal maupun non formalnya, seperti membiasakan membaca Ratibul Haddad, Diba’iyah, Tahlil, Yasin, serta membiasakan beberapa tindakan ta’zir fisik berupa tanggung jawab pada urusan-urusan pesantren maupun ibadah. Adapun ta’zir yang diberlakukan berupa melaksanakan sholat tahajud, berjamaah pada shaf depan, mencuci peralatan keperluan pesantren hingga membayar sejumlah rupiah untuk kebijakan pelanggaran yang berat. Itu beberapa kegiatan ta’zir yang ditunjukan dalam keseharian mereka di sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30