PERAN MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM UNTUK MEMBANGUN CARA PANDANG MUSLIM DI TENGAH ARUS GLOBALISASI
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Globalisasi, MetafisikaAbstrak
Pendidikan Islam sudah memasuki era globalisasi di mana batas-batas geografis sudah bukan menjadi penghalang untuk mendapatkan berbagai akses informasi dengan mudah dan cepat. Dimana barat sebagai suatu peradaban yang menganggap kebutuhan materi di atas lainya termasuk kebutuhan spiritual dan agama, akibat dari cara pandang barat yang menafikan kebenaran metafisika, sehingga berdampak kepada pengetahuan tanpa karakter dan kenikmatan tanpa suara hati. Dengan mengunakan metode deskriptif-analitik, kajian ini berupaya untuk mengungkapkan tentang Muhammadiyah dalam Pendidikan Islam untuk membangun cara pandang muslim di tengah arus globalisasi. Kesimpulan dari kajian ini adalah menjadikan masyarakat muslim yang memiliki cara pandang yang berdasarkan nilai-nilai Islam yang sesunguhnya dan tidak mengikuti cara pandang peradaban barat yang anti agama. Harapanya, jika nilai-nilai Islam yang dihasilkan dari Pendidikan Islam yang sesungguhnya sudah menjadi kesadaran, maka akan tercipta keharmonisan di dalam kehidupan. Hal ini menandakan bahwa Pendidikan Islam merupakan jawaban atas tantangan kehidupan di era globalisasi saat ini, di samping lebih dekat kepada orisinilitas pemikiran Islam dan petunjuk-petunjuk kenabian. Gagasan baru dalam Pendidikan Islam berperan mengembalikan manusia modern kepada Al-Qur’an dan Sunnah yang sangat menekankan keseimbangan (tawazun) antara berbagai hal dalam kehidupan manusia, baik keseimbangan jasmani dan rohani, duniawi dan ukhrawi.