PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AT-TAQWA 12
Kata Kunci:
Discovery Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Learning Outcomes, Classroom Action Research (PTK)Abstrak
Abstrak: Penelitian ini berfokus pada penggunaan Metode Discovery Learning untuk memajukan prestasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) Bagaimana pelaksanaan Metode Discovery Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12, 2) Bagaimana pencapaian belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12, 3) Seberapa besar peningkatan pencapaian belajar Pendidikan Agama Islam dengan Metode Discovery Learning pada siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tiga pertemuan dan satu kali evaluasi. Proses penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 17 siswa, hanya 8 yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Ketuntasan secara keseluruhan belum tercapai karena rata-rata nilai siswa masih tergolong rendah. Sedangkan pada siklus II, dari 16 siswa, seluruhnya berhasil memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) dengan rata-rata nilai 95,00, yang tergolong dalam kategori tinggi.
Abstract: This research focuses on the use of the Discovery Learning Method to improve the learning achievement of Islamic Religious Education (PAI) of class V students at Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12. The aim of this research is to analyze: 1) How the Discovery Learning Method is implemented in Religious Education learning Islam in class V Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12, 2) What is the learning achievement of Islamic Religious Education among class V students at Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12, 3) major events in increasing learning achievement in Islamic Religious Education using the Discovery Method Learning for class V students at Madrasah Ibtidaiyah (MI) AT-TAQWA 12.. This research is Classroom Action Research (PTK) which was carried out in two cycles, each consisting of three meetings and one evaluation. The research process includes planning, implementation, observation, evaluation and reflection stages. The research results showed that in cycle I, out of 17 students, only 8 achieved the Minimum Completeness Criteria (KKM). Overall completion has not been achieved because the average student score is still relatively low. Meanwhile, in cycle II, of the 16 students, all of them succeeded in meeting the Maximum Completeness Criteria (KKM) with an average score of 95.00, which is classified as high.