SEDEKAH DI ERA DIGITAL: MENELUSURI TINGKAT KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PLATFORM SEDEKAH
Kata Kunci:
Sedekah, Rasa Syukur, KepercayaanAbstrak
Sedekah merupakan bagian dari kedermawanan yang mengekspresikan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada manusia. Dengan memberikan sebagian harta kepada orang lain, seseorang menunjukkan cinta dan penghargaannya terhadap nikmat tersebut serta harapannya untuk meraih ridha dan pahala dari Allah SWT. Sebagai umat islam yang beriman maka kita harus senantiasa melalukan sedekah sebagai nilai yang mencerminkan kedermawaan, tanggung jawab social, dan kepedulian. Di zaman sekarang ini kemudahan untuk bersedekah sudah dapat kita akses melalui platform online yang memberikan kita kemudahan untuk bersedekah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap praktik sedekah melalui platform online. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan mengumpulkan sampel dari 50 responden melalui Google Form, hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menunjukkan tingkat kepercayaan yang rendah terhadap platform sedekah online. Temuan ini menunjukan pentingnya untuk mengatasi masalah kepercayaan dalam pengembangan dan penerimaan lebih lanjut terhadap praktik sedekah melalui platform online. Hasil dari penelitian ini dapat membantu lembaga-lembaga amal dan platform sedekah online untuk meningkatkan transparansi, keamanan, dan kepercayaan masyarakat terhadap praktik sedekah online.
Charity is a form of generosity that expresses gratitude for all the blessings that Allah has bestowed upon mankind. By giving some of their wealth to others, a person shows their love and appreciation for these favors and hopes to gain the pleasure and reward of Allah SWT. As Muslims who believe, we must always do alms as a value that reflects generosity, social responsibility, and care. In this day and age, the ease of giving alms can be accessed through online platforms that make it easy for us to give alms. This study aims to determine the level of public trust in the practice of charity through online platforms. Using a quantitative method and collecting a sample of 50 respondents through Google Form, the results showed that the majority of respondents showed a low level of trust in online charity platforms. The findings show the importance of addressing the issue of trust in the further development and acceptance of the practice of charity through online platforms. The results of this study can help charity organizations and online charity platforms to improve transparency, security, and public trust in online charity practices.