ANALISIS FAKTOR SOSIAL DAN BUDAYA YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMBACA AL-QUR'AN

Penulis

  • Hapni Laila Siregar Universitas Negeri Medan
  • Dhea Amanda Nasution Universitas Negeri Medan
  • Parhan Daulay Universitas Negeri Medan
  • Novita Sari Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Siddik Universitas Negeri Medan
  • Hijka Listia Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Faktor sosial, budaya, kemampuan membaca Al-Qur'an, mahasiswa Universitas Negeri Medan

Abstrak

Al-Qur'an merupakan kitab suci dan juga pedoman hidup umat Islam. Membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa Universitas Negeri Medan yang belum memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an yang baik dan benar. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur'an di antaranya adalah faktor sosial dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor sosial dan budaya yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa Universitas Negeri Medan dalam membaca Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan mengumpulkan jawaban-jawaban melalui angket yang dibagikan kepada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Negeri Medan. Data dianalisis menggunakan tabel dan grafik. Secara umum, faktor sosial dan budaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mahasiswa Universitas Negeri Medan dalam membaca Al-Qur'an. Terdapat beberapa faktor sosial dan budaya yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa Universitas Negeri Medan dalam membaca Al-Qur'an, yaitu: dari lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan, kegiatan keagamaan, nilai-nilai agama, tradisi, adat istiadat dan pandangan masyarakat.  Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan peran keluarga, lingkungan pergaulan, kegiatan keagamaan, nilai-nilai agama, tradisi, adat istiadat, dan pandangan masyarakat dalam mendukung kemampuan mahasiswa dalam membaca Al-Qur'an.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31