IMPLEMENTASI METODE ASKAR KAUNY DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL- QURAN DI YAYASAN CAHAYA ILMU JAKARTA UTARA
Kata Kunci:
Implementasi, Askar Kauny, Tahfidz Qur’anAbstrak
The aim of this research is to find out how the Askar Kauny method is implemented in improving tahfidz Qur’an (memorization of the Qur'an) at the Cahaya Ilmu Foundation. This research is qualitative research. The data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The sources in this research are students and teachers. The results of the research show that: the application of the Askar Kauny method at the Cahaya Ilmu Foundation really helps students improve their memorization of the Al-Qur'an. And it makes it very easy for teachers to convey memorized Al-Quran to students by using movements that are easy to understand according to the meaning of each verse in the Al-Qur'an, as well as making it easier for students to understand the meaning of the Al-Qur'an verse. So that students can not only memorize the Al-Qur'an but also know the meaning in the verses of the Qur’an when memorizing.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Askar Kauny dalam meningkatkan tahfidz quran (hafalan Al-Qur’an) di Yayasan Cahaya Ilmu.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara,dan dokumentasi.Yang menjadi sumber dalam penelitian ini adalah para murid dan guru.Hasil penelitian menunjukan bahwa : penerapan metode Askar Kauny di Yayasan Cahaya Ilmu sangat membantu para murid dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’annya.Dan sangat memudahkan para guru untuk menyampaikan hafalan Al-Quran kepada murid dengan menggunakan gerakan yang mudah dipahami sesuai arti per-Ayat dalam Al-Qur’an,serta memudahkan para murid memahami arti dalam Ayat Al-Qur’an tersebut.Sehingga para murid tidak hanya bisa menghafal Al-Qur’an saja tetapi juga bisa mengetahui arti dalam Ayat Al-Qur;an tersebut ketika menghafal.