TRANSFORMASI SPIRITUALITAS AGAMA MASA LANJUT USIA MELALUI PENDIDIKAN PELATIHAN DAKWAH BAGI LANSIA DI YAYASAN AR RISALAH CIRACAS
Kata Kunci:
Lansia, Transformasi Spiritualitas, Pelatihan Dakwah, Pendidikan IslamAbstrak
Masa lanjut usia merupakan fase penting dalam kehidupan manusia yang ditandai dengan peningkatan kebutuhan spiritual dan pencarian makna hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses transformasi spiritualitas agama pada lansia melalui program pendidikan dan pelatihan dakwah yang diselenggarakan oleh Yayasan Ar Risalah Ciracas. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, adapun data diperoleh melalui wawancara secara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan dakwah yang dirancang secara partisipatif dan kontekstual tidak hanya meningkatkan pemahaman keagamaan para lansia, tetapi juga memperkuat peran sosial mereka di masyarakat. Transformasi spiritualitas terlihat melalui peningkatan kualitas ibadah, kedekatan dengan Tuhan, serta kemampuan berdakwah secara aktif. Para lansia mengalami pergeseran dari objek pembinaan menjadi subjek dakwah, yang berdampak pada tumbuhnya rasa percaya diri, ketenangan batin, dan peningkatan kesehatan mental. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan dakwah berbasis pemberdayaan lansia merupakan strategi efektif untuk mendukung kehidupan spiritual dan sosial lansia secara holistik, serta relevan dalam konteks pendidikan Islam kontemporer.
Old age is a crucial phase in human life, marked by increased spiritual needs and the search for meaning in life. This study aims to examine the process of religious spiritual transformation in the elderly through a da'wah education and training program organized by the Ar Risalah Ciracas Foundation. Using a descriptive qualitative approach, data were obtained through in-depth interviews, participant observation, and documentation. The results indicate that the da'wah training program, designed in a participatory and contextual manner, not only improves the elderly's religious understanding but also strengthens their social role in society. This spiritual transformation is evident in the improvement in the quality of worship, their closeness to God, and their ability to actively da'wah. The elderly experiencea shift from being objects of guidance to subjects of da'wah, which results in growing self-confidence, inner peace, and improved mental health. This study confirms that da'wah education based on empowering the elderly is an effective strategy for supporting the spiritual and social lives of the elderly holistically and is relevant in the context of contemporary Islamic education.