IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING DI SMPN 7 KOTA BIMA

Penulis

  • Erna Astuti Universitas Muhammadiyah Bima
  • Nasaruddin Universitas Muhammadiyah Bima
  • Syarifuddin Universitas Muhammadiyah Bima

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Bullying, Siswa, Strategi Guru, Nilai-Nilai Karakter

Abstrak

Bullying merupakan salah satu permasalahan serius yang terjadi di lingkungan sekolah dan berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis serta prestasi akademik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam upaya memberantas bullying di SMPN 7 Kota Bima, strategi guru dalam menangani perilaku bullying melalui pendidikan karakter, serta nilai-nilai karakter yang diajarkan dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter di SMPN 7 Kota Bima diimplementasikan melalui pembiasaan nilai-nilai positif seperti toleransi, tanggung jawab, kepedulian, dan kejujuran yang ditanamkan melalui kegiatan pembelajaran, keteladanan guru, dan program ekstrakurikuler. Guru memiliki peran penting dalam strategi pencegahan bullying, yaitu dengan memberikan bimbingan dan konseling, menjadi teladan perilaku positif, serta menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan aman. Nilai-nilai karakter juga telah terintegrasi dalam kurikulum melalui penguatan pendidikan karakter (PPK). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan karakter efektif sebagai sarana dalam mengatasi dan mencegah bullying di lingkungan sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29