FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU: STUDI REVIEW
Kata Kunci:
Filsafat Ilmu, Profesionalisme Guru, Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, Tpack, Nilai Moral, LokalitasAbstrak
Kajian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi filsafat ilmu terhadap pengembangan profesionalisme guru melalui telaah terhadap sepuluh jurnal ilmiah nasional. Pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur digunakan untuk mengeksplorasi bagaimana aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi dari filsafat ilmu membentuk integritas, kompetensi, serta etika profesi guru. Hasil kajian menunjukkan bahwa filsafat ilmu memberikan kerangka berpikir kritis-reflektif yang memperkuat pemahaman guru terhadap hakikat ilmu, proses pembelajaran, dan nilai-nilai moral dalam pendidikan. Integrasi nilai-nilai spiritual keislaman, penguasaan teknologi melalui kerangka TPACK, serta penguatan kearifan lokal menjadi elemen penting dalam membentuk guru profesional yang adaptif terhadap tantangan global tanpa kehilangan akar budaya. Kajian ini merekomendasikan pentingnya pelatihan guru yang berbasis pada refleksi filosofis, internalisasi nilai, dan pemahaman kontekstual sebagai fondasi pengembangan profesionalisme guru di Indonesia.