TINGKAT PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 4 SDN INPRES NUNGGI
Kata Kunci:
Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, IPA, Siswa SDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat perhatian orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 4 SDN Inpres Nunggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 30 orang dan orang tua mereka. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara serta dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua berada pada kategori sedang (63%), dan hal ini berbanding lurus dengan tingkat motivasi belajar siswa yang juga berada pada kategori sedang. Dengan demikian, terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaran IPA.