UPAYA GURU AGAMA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL QUR’AN (Studi Survey Peserta Didik Smkn 65 Jakarta)
Studi Survey Peserta Didik Smkn 65 Jakarta
Kata Kunci:
upaya guru agama, meningkatkan kualitas baca tulis Al Qur’anAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih banyaknya peserta didik SMKN 65 Jakarta yang masih buta huruf dalam membaca dan menulis Al Qur’an. Maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru agama dalam mengajarkan baca tulis Al Qur’an serta mengetahui peluang dan hambatan dalam mengajar membaca dan menulis Al Qur’an. Adapun jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang pada dasarnya menggunakan pendekatan deduktif-induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi partisipasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dan triangulasi.Hasil penelitian yang penulis dapatkan menunjukkan bahwa banyak peserta didik SMKN 65 Jakarta yang masih buta huruf Al Qur’an disebabkan faktor lingkungan keluarga, orang tua yang kurang memberikan kesadaran peserta didik sejak kecil terbiasa dekat dengan Al Qur’an, serta faktor lingkungan. Adapun upaya yang dilakukan guru agama dalam peningkatan kualitas pembelajaran BTQ adalah dengan: 1). Meningkatkan kompetensi guru, 2). Memperdalam Kembali wawasan ilmu Al Qur’an dengan guru yang sudah berpengalaman, 3). menentukan metode pembelajaran BTQ yang efektif. Kurangnya kesadaran dan pembiasaan diri peserta didik dekat dengan Al Qur’an sejak kecil menjadi hambatan dan tantangan besar guru agama dalam pembelajaran BTQ.