METODE PEMBELAJARAN KELAS TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Penulis

  • Dewi Yuliati Muslimah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Tahfidz Al-Quran

Abstrak

Menurut penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta, masih ada siswa yang kesulitan membaca Al-Quran dengan lancar, terbukti dengan rendahnya tingkat prestasi siswa di bidang ini. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran akan diadakan program kelas Tahfidz Al-Quran. Rumus Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Tahfidz Al-Qur'an di kelas SMP Muhammadiyah 6 Surakarta dan bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas Tahfidz Al-Qur'an disana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan di kelas Tahfidz Al-Qur'an SMP Muhammadiyah 6 Surakarta dan untuk menilai efektivitas strategi tersebut. Penelitian ini dilakukan di lapangan yaitu guru dan siswa sebagai objek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data saat menulis analisis data. Pengurangan digunakan dalam analisis data. Menurut temuan penelitian, lebih banyak siswa yang membaca Al-Qur'an, lebih banyak siswa yang menghafal ayat-ayatnya, dan tingkat keberhasilan siswa juga meningkat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-01