PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PERGURUAN TINGGI UMUM, TANTANGAN, SOLUSI DAN PELUANG DI ERA MILENIAL

Penulis

  • Sukring Univ. Halu Oleo kendari

Kata Kunci:

Pendidikan agama Islam, Solusi, Peluang, Era milenial

Abstrak

Tujuan peneltian ini adalah untuk menemukan tantangan dan Solusi serta peluang Pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum yang dihadapkan paada problematika yang perlu diatasi dalam menghadapi era milenial ini. Internalisasi nilai-nilai atau ajaran agama Islam mengalami tantangan berat di era milenial. Situasi ini dikhawatirkan akan menyebabkan kemerosotan akhlak karena agama Islam memberikan nilai-nilaiĀ  dan etika yang penting dalam membentuk karakter mahasiswa. Pendidikan agama Islam tidak hanya memberikan pemahaman tentang nilai ajaran agama, tetapi juga memberikan nilai-nilai akhlak dan etika yang penting dalam membentuk karakter mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengn studi dokumen. Teknik Analisa data menggunakan metode hermenutika, dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Solusi Pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum di era milenial antara lain harus melakukan reformasi kurikulum agar dapat menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing dalam menghadapi kompetisi global. MelakukanĀ  inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam di perguruan tinggi untuk memastikan relevansi dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan generasi milenial. Peran pendidikan (formal, non formal), orang tua, dan agama untuk dapat mendominasi dalam membentuk karakter generasi penerus bangsa yang sesuai dengan ajaran agama. Pendidikan agama Islam perlu menghadapi tantangan globalisasi dengan memahami karakteristik era globalisasi, strategi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi, serta mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing dalam menghadapi kompetisi global.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31