RANCANG BANGUN SWING ARM PADA PROTOTIPE MOBIL LISTRIK HEULANG GALUNGGUNG

Penulis

  • Iwan Gunawan Universitas Mayasari Bakti
  • Muhamad Hanhan Nugraha Universitas Mayasari Bakti

Kata Kunci:

Swing Arm, Proses Pembuatan, Uji Kinerja

Abstrak

Swing Arm depan merupakan komponen mobil listrik yang menghubungkan rangka mobil dan penggerak roda. Komponen ini terdiri dari ball joint uniball, arm, plat pengikat, bracket shock absorber. Tujuan pembuatan Swing Arm depan ini adalah untuk mengetahui: (1) proses pembuatan Swing Arm depan; (2) bahan yang digunakan; (3) alat dan mesin yang digunakan; (4) analisis kekuatan; (5) waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi komponen; (6) uji fungsi komponen. Cara yang digunakan dalam pembuatan rangka atas adalah: (1) identifikasi gambar kerja; (2) pemilihan bahan, pemilihan alat dan mesin yang akan digunakan; (3) langkah-langkah proses pembuatan Swing Arm depan; (4) melakukan pengujian pada rangka. Komponen Swing Arm depan menggunakan bahan pipa AISI 1045 sebagai arm; besi plat AISI 1045 sebagai pelat pengikat dan bracket shock absorber. Langkah-langkah pembuatan Swing Arm depan dimulai dari identifikasi gambar, proses pemotongan menggunakan mesin potong, proses pengeboran, proses fabrikasi menggunakan mesin las dan gerinda tangan, diakhiri dengan proses finishing   berupa pengecatan. Hasil pengujian performa Swing Arm depan adalah: (1) Pengujian analisis menggunakan software Solidwork dengan beban 1500 N menghasilkan perpindahan sebesar 1,35 mm pada bagian belakang; (2) Uji fungsi dengan hasil yang baik pada pengukuran dan pengujian jalan dilakukan pada prototipe kerangka. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan komponen Swing Arm depan adalah 16 jam/2 hari kerja dengan asumsi delapan jam kerja per hari.

The front swing arm is an electric car component that connects the car frame and drive wheels. This component consists of a uniball ball joint, arm, fastening plate, shock absorber bracket. The purpose of making this front Swing Arm is to find out: (1) the process of making the front Swing Arm; (2) materials used; (3) tools and machines used; (4) power analysis; (5) time required to produce components; (6) component function test. The methods used in making the upper frame are: (1) identification of working drawings; (2) selection of materials, selection of tools and machines to be used; (3) steps in the process of making a front swing arm; (4) carry out tests on the frame. The front Swing Arm component uses AISI 1045 pipe material as the arm; AISI 1045 iron plate as a fastening plate and shock absorber bracket. The steps for making a front swing arm start from image identification, the cutting process using a cutting machine, the drilling process, the fabrication process using a welding machine and hand grinder, ending with the finishing process in the form of painting. The results of the front Swing Arm performance test are: (1) Analysis testing using Solidwork software with a load of 1500 N produces a displacement of 1.35 mm at the rear; (2) Function tests with good results in measurements and road tests were carried out on the frame prototype. The time required to complete the front Swing Arm component is 16 hours/2 working days assuming eight working hours per day.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31