SIGNIFIKANSI FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN DI ABAD 21
Kata Kunci:
Siginifikasi, Filsafat Pendidikan, Pembelajaran di Abad 21Abstrak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi signifikansi filsafat pendidikan dalam konteks pembelajaran di Abad ke-21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan metode studi pustaka. Filsafat, sebagai pandangan tentang kebenaran, memainkan peran sentral dalam membimbing sistem pendidikan, menjadi dasar, arah, dan pedoman. Filsafat pendidikan, terutama pada Abad ke-21, menemukan relevansinya dalam membentuk tujuan dan nilai-nilai pendidikan melalui pandangan tokoh-tokoh terkemuka seperti John Dewey, Aristoteles, Plato, dan Socrates. Penelitian ini mencerminkan peran integral filsafat pendidikan dalam membimbing dan meningkatkan kualitas pendidikan di era ini. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar dari pemikiran filsuf terkemuka, pendidikan dapat menghadapi perubahan zaman dengan positif dan relevan. Hasil penelitian tidak hanya memberikan wawasan teoretis, tetapi juga merinci kontribusi pendidikan terhadap perkembangan masyarakat dan kesejahteraan individu.
Abstract
The aim of this research is to explore the significance of educational philosophy in the context of learning in the 21st century. The study employs a literature review approach with a literature study method. Philosophy, as a perspective on truth, plays a central role in guiding the education system, serving as its foundation, direction, and guide. Educational philosophy, particularly in the 21st century, finds its relevance in shaping the goals and values of education through the perspectives of renowned figures such as John Dewey, Aristotle, Plato, and Socrates. This research illustrates the integral role of educational philosophy in guiding and enhancing the quality of education in the 21st century. By understanding the fundamental principles derived from the thoughts of prominent philosophers, education can confront the challenges of the times positively and meaningfully. The research results not only provide theoretical insights but also detail the contributions of education to societal development and individual well-being.