PENINGKATAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA SB KAMPUNG BHARU KUALA LUMPUR MALAYSIA MELALUI MEDIA GAMBAR

Penulis

  • Arfini Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Saddam Universitas Muhammadiyah Mataram

Kata Kunci:

Membaca, Menulis, Komunikasi Visual

Abstrak

Siswa Sanggar Bimbingan (SB) Kuala Lumpur Malaysia memiliki minat membaca dan menulis yang rendah bahkan cenderung tidak memiliki motivasi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan minat membaca dan menulis siswa Sanggar Bimbingan melalui media visual. Kegiatan ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yakni: 1) perencanaan (rencana), 2) tindakan (mengambil tindakan), 3) mengamati, dan 4) refleksi. Pada kegiatan ini melibatkan 10 siswa Sanggar Bimbingan, tim pelaksana adalah mahasiswa KKN Internasional Universitas Muhammadiyah Mataram di Malaysia. Hasil analisis data pada siklus 1 menunjukkan bahwa anak mengembangkan minat membaca dan menulis dengan metode gambar mencapai 58% hingga 72%, sedangkan pada siklus 2 dari pertemuan 1 dan 2 tingkat minat meningkat. dalam membaca, menulis dan menghitung menggunakan metode visual. mencapai 95,4%. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan guru tergolong baik.

Students of Sanggar Bimbingan (SB) Kuala Lumpur Malaysia have low interest in reading and writing and even tend not to have motivation. The purpose of this service activity is to increase the reading and writing interest of Sanggar Bimbingan students through visual media. This activity is carried out through several stages, namely: 1) planning (planning), 2) action (taking action), 3) observing, and 4) reflection. In this activity involving 10 students of Sanggar Bimbingan, the implementation team was students of the International KKN University of Muhammadiyah Mataram in Malaysia. The results of data analysis in cycle 1 showed that children developed an interest in reading and writing with the picture method reaching 58% to 72%, while in cycle 2 of meetings 1 and 2 the level of interest increased. in reading, writing, and counting using visual methods. reached 95.4%. This shows that the teacher's actions are good.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29