Pengembangan HSEGRAF Boardgame sebagai Media Pembelajaran Keahlian Produksi Grafika
Kata Kunci:
HSEGRAF, Boardgame, Media PembelajaranAbstrak
Pengabaian standar K3 disebabkan oleh kurangnya tingkat pengetahuan pekerja mengenai pentingnya perlindungan K3. Materi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) DI SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) menjadi hal yang harus dikuatkan dalam pembelajaran sesuai spesifikasi bidang, misalnya teknik grafika. Selain itu, dunia usaha di berbagai sektor industri akan terbantu jika alumni SMK memiliki pengetahuan K3. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk untuk memberikan alternatif media pembelajaran aktraktif tentang Kesehatan Keselamatan Kerja (HSE). Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan demonstrasi. Hasil yang telah dicapai adalah dari 25 siswa SMK sebagai target audiens yang ikut serta dalam penggunaan media boardgame 92 % (23 siswa SMK) yang menyatakan HSEGRAF Boargame sebagai media interaktif dalam proses edukasi sangat menyenangkan dan 8 % yang menjawab menyenangkan.