PENINGKATAN LITERASI DIGITAL BAGI PETANI ELMINDI FARM MELALUI PELATIHAN MEDIA SOSIAL UNTUK PROMOSI PRODUK

Penulis

  • Charlene Siswara Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Yanuar Halim Adhirajasa Reswara Sanjaya

Kata Kunci:

Literasi Digital, Media Sosial, Petani, Pemberdayaan Komunitas

Abstrak

Transformasi digital di sektor pertanian merupakan langkah strategis dalam meningkatkan daya saing dan kesejahteraan petani. Elmindi Farm, sebagai pelaku usaha pertanian organik di Kabupaten Bandung, menghadapi tantangan rendahnya literasi digital, khususnya dalam penggunaan media sosial untuk promosi produk. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, dilakukan pelatihan berbasis pendekatan partisipatif dan aplikatif kepada 15 petani. Hasil pelatihan dapat menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan petani mengoperasikan perangkat digital, mengelola akun media sosial, dan memproduksi konten promosi visual dan naratif yang menonjolkan identitas lokal. Pelatihan ini tidak hanya berdampak pada aspek teknis, tetapi juga sosial, ekonomi, dan kultural, termasuk peningkatan partisipasi perempuan dan pemuda tani. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan literasi digital berbasis media sosial berkontribusi pada kemandirian pemasaran, peningkatan daya saing produk, serta pelestarian nilai budaya lokal dalam ekosistem agribisnis digital.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30