Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp id-ID Sat, 31 Aug 2024 14:24:05 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK BAHASA PERANCIS TINGKAT A1 DELF PADA LAMAN WEBSITE https://culturetheque.com https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/1823 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan isi dari isi dari laman website https://culturetheque.com bagian pembelajaran, mendeskripsikan materi pembelajaran menyimak yang terdapat pada laman https://culturetheque.com dan mengidentifikasi kesesuaian materi keterampilan menyimak pada laman https://culturetheque.com dengan standar CECRL. Penelitian mengimplementasikan metode deksripsi kualitatif studi pustaka dengan Teknik pengambilan data purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan studi dokumen menggunakan table yang mengacu pada référentiel CECRL (Chauvet,et al:2018). Analisis data yang diimplementasikan sesuai yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data yang telah terorganisir dan penarikan kesimpulan (Miles dan Huberman:1984). Berdasarkan hasil analisis terhadap laman web https://culturetheque.com bagian La Salle de Classe, terdapat dua kategori yaitu livre audio dan apprentissage. Dan pada bagian apprentissage terdapat 2 media pembelajaran yaitu parcours voyager dan parcours français courant. Hasil penelitian menyatakan kesesuaian materi pembelajaran menyimak dengan référentiel CECRL dinilai rendah. Sehingga tidak ideal untuk dijadikan sumber alternatif bahan pembelajaran menyimak bahasa Perancis. &nbsp;</p> Pandora Tiara, Dadang Sunendar, Yadi Mulyadi Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/1823 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0000