https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/issue/feed Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan 2025-07-30T15:43:48+00:00 Open Journal Systems https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3524 PERAN KESEHATAN MENTAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PAI DI ERA DIGITAL LEARNING 2025-07-23T07:07:45+00:00 Ramaida [email protected] Putri Rahayu Sianipar [email protected] Rian Indah Novika [email protected] Rini Arisaputri [email protected] Masyitah Tembung [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kesehatan mental dan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam konteks pembelajaran digital. Peralihan sistem pembelajaran dari tatap muka ke daring selama masa pandemi membawa tantangan psikologis yang signifikan bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap mahasiswa PAI yang telah menjalani perkuliahan daring minimal dua semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kondisi mental yang sehat memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi, mampu mengelola waktu dengan baik, serta aktif dalam pembelajaran daring. Sebaliknya, mahasiswa yang mengalami stres, kecemasan, atau kelelahan digital cenderung mengalami penurunan konsentrasi, semangat belajar, dan performa akademik. Faktor-faktor seperti dukungan sosial, literasi digital, manajemen diri, dan kualitas interaksi dengan dosen berkontribusi besar dalam menjaga keseimbangan psikologis dan meningkatkan motivasi belajar. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang humanis dan sistem dukungan psikososial dalam mendukung keberhasilan akademik di era digital learning.</p> <p><em>This study aims to analyze the relationship between mental health and learning motivation among Islamic Religious Education (PAI) students in the context of digital learning. The shift from face-to-face learning to online systems during the pandemic has posed significant psychological challenges for students. Using a descriptive qualitative approach, data were collected through semi-structured interviews with PAI students who had participated in online lectures for at least two semesters. The findings indicate that students with stable mental health tend to have higher learning motivation, better time management skills, and more active participation in online classes. In contrast, those experiencing stress, anxiety, or digital fatigue tend to show decreased concentration, reduced academic engagement, and declining academic performance. Factors such as social support, digital literacy, self-management, and the quality of interaction with lecturers play a crucial role in maintaining psychological balance and enhancing learning motivation. These findings highlight the importance of human-centered pedagogy and psychosocial support systems in ensuring academic success in the era of digital learning.</em></p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3489 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS SISWA KELAS 6 B SD NEGERI 2 KAWAN 2025-07-14T08:30:51+00:00 I Putu Mertayasa [email protected] I Wayan Numertayasa [email protected] Ni Putu Eni Astuti [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis siswa kelas VI B SD Negeri 2 Kawan melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi serta penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Pada siklus I siswa membuat cerita pendek, sedangkan pada siklus II siswa menulis puisi bertema lingkungan. Penerapan model PjBL terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, kreativitas, serta keterampilan berpikir kritis mereka. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar menulis Bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar.</p> <p><em>This study aims to improve the writing achievement of Grade VI B students at SD Negeri 2 Kawan through the implementation of the Project-Based Learning (PjBL) model. The background of this research stems from students' low writing performance, which is caused by a lack of motivation and the use of monotonous teaching methods. This study employed Classroom Action Research (CAR), conducted in two cycles, each consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. Data were collected through student activity observation, learning outcome tests (pre-test and post-test), interviews, and documentation. The results showed a significant improvement in students’ average learning outcomes from the pre-action phase to the first and second cycles. In the first cycle, students wrote short stories, while in the second cycle, they composed environment-themed poems. The application of the PjBL model effectively enhanced students’ active participation, creativity, and critical thinking skills. Therefore, the Project-Based Learning model can be considered an effective alternative to improve Indonesian writing skills among elementary school students.</em></p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3439 BERAPRESIASI PUISI MODERN DENGAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BLAHBATUH 2025-07-07T19:38:18+00:00 I Kadek Artawan [email protected] I Wayan Karja [email protected] I Gede Mawan [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media musikalisasi puisi dalam meningkatkan apresiasi puisi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Blahbatuh. Apresiasi puisi merupakan kemampuan siswa dalam memahami, menikmati, dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra puisi. Penggunaan media musikalisasi puisi diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, sehingga menumbuhkan minat dan pemahaman siswa terhadap puisi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan musikalisasi puisi sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan keterlibatan emosional dan intelektual siswa dalam mengapresiasi puisi. Melalui melodi dan ritme musik, siswa lebih mudah menangkap makna, imaji, dan pesan yang disampaikan dalam puisi. Selain itu, musikalisasi puisi juga mendorong siswa untuk lebih aktif dalam berdiskusi dan mengekspresikan pemahaman mereka terhadap puisi secara kreatif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media musikalisasi puisi efektif dalam meningkatkan apresiasi puisi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Blahbatuh.</p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3533 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL MATERI TEKNIK DASAR PASSING DAN SERVICE BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KUTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 2025-07-25T02:01:31+00:00 Ni Luh Jelita Damawati [email protected] I Gede Suwiwa [email protected] I Komang Sukarata Adnyana [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi teknik dasar passing dan service bola voli bagi peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kuta. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap awal, analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan belum memanfaatkan media berbasis teknologi. Produk media dikembangkan dalam bentuk video pembelajaran interaktif berdurasi ±12 menit dengan bantuan perangkat lunak Canva dan CapCut. Validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat layak digunakan dengan skor rata-rata di atas 90% pada semua aspek. Uji coba terhadap peserta didik dilakukan dalam tiga tahap: uji perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar, yang seluruhnya memberikan hasil sangat positif. Skor kepraktisan juga menunjukkan kategori “sangat praktis” dengan persentase 90,29%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar, dan efektivitas pembelajaran PJOK. Media ini layak digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan dapat direplikasi untuk materi lainnya.</p> <p><em>This research aims to develop audiovisual-based learning media for tenth-grade volleyball passing and serving techniques for tenth-grade students at SMA Negeri 1 Kuta. The development was conducted using the ADDIE model, which includes five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. In the initial stage, a needs analysis revealed that learning was still conventional and did not utilize technology-based media. The media product was developed in the form of an approximately 12-minute interactive learning video using Canva and CapCut software. Validation was conducted by three experts: a material expert, an instructional design expert, and a media expert. The validation results indicated that the media was highly feasible for use, with an average score above 90% across all aspects. Student trials were conducted in three stages: individual, small group, and large group, all of which yielded very positive results. The practicality score also indicated a "very practical" category with a percentage of 90.29%. The results of this study indicate that audiovisual-based learning media can improve conceptual understanding, learning motivation, and the effectiveness of Physical Education (PJOK) learning. This media is suitable for use as an alternative, innovative learning strategy and can be replicated for other materials.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3490 TINJAUAN KRITIS TERHADAP MODEL ADDIE DALAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN DASAR 2025-07-14T09:33:33+00:00 Ida Riyanti [email protected] Aminatussa'diah [email protected] Fadilah Safitri [email protected] M.Hafif Agustian [email protected] Mutiara Napisya [email protected] Leni Afriani [email protected] <p>Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) merupakan salah satu kerangka kerja yang banyak digunakan dalam pengembangan desain pembelajaran, khususnya di pendidikan dasar. Tinjauan kritis terhadap model ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan relevansinya dalam konteks pendidikan saat ini. Penelitian ini mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan model ADDIE, serta tantangan yang dihadapi oleh pendidik dalam penerapannya. Melalui analisis literatur dan studi kasus, ditemukan bahwa meskipun model ADDIE menawarkan struktur yang sistematis, terdapat kebutuhan untuk adaptasi dan inovasi agar lebih sesuai dengan dinamika pembelajaran modern. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan pengembang kurikulum dalam merancang pengalaman belajar yang lebih efektif dan kontekstual.</p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3453 ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROSFER DI SMA NEGERI 4 MEDAN 2025-07-09T05:55:19+00:00 Agnes Rebeca Sianturi [email protected] Mahara Sintong [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran Quiziz dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pada Materi Hidrosfer Di SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini memiliki jumlah siswa di kelas X-3 SMA Negeri 4 Medan berdasarkan data administrasi sekolah tahun ajaran 2024/2025 adalah sebanyak 36 siswa. Karena seluruh populasi dapat dijangkau dan tidak terlalu besar, maka penelitian ini menggunakan pendekatan total sampling, di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Namun, untuk keperluan validasi metodologis, perhitungan ukuran sampel juga ditampilkan menggunakan sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer di SMA Negeri 4 Medan. (2) Berdasarkan uji hipotesis dengan Paired Samples Test, ditemukan perbedaan rata-rata (Mean Difference) sebesar 14.441 antara nilai pretest (65) dan posttest (80), dengan nilai signifikansi 0.000 (&lt; 0.05). (3) Uji hipotesis menggunakan Paired Samples t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000, yang jauh di bawah tingkat signifikansi 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.(4) Selain itu, karena Quizizz dianggap sebagai platform yang menarik, interaktif, dan memotivasi belajar, siswa merespons dengan baik penggunaan platform ini. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Hidrosfer di SMA Negeri 4 Medan, materi pembelajaran Quizizz dapat menjadi alternatif yang berguna.</p> <p><em>This study aims to analyse the use of Quiziz learning media in improving the learning outcomes of Grade X students in the Hydrosphere subject at SMA Negeri 4 Medan. This study has a total of 36 students in Grade X-3 at SMA Negeri 4 Medan based on school administrative data for the 2024/2025 academic year. Since the entire population is accessible and not too large, this study employs a total sampling approach, where all members of the population are included as research samples. However, for methodological validation purposes, sample size calculations are also presented using sampling. The research findings indicate that: (1) This study demonstrates that the use of the Quizizz learning platform significantly improves student learning outcomes in the Hydrosphere subject at SMA Negeri 4 Medan. (2) Based on the hypothesis test using the Paired Samples Test, a mean difference of 14.441 was found between the pretest score (65) and the posttest score (80), with a significance level of 0.000 (&lt; 0.05). (3) The hypothesis test using the Paired Samples t-test yielded a Sig. (2-tailed) value of 0.000, which is far below the significance level of 0.05, thus rejecting H0 and accepting H1. (4) Additionally, since Quizizz is considered an engaging, interactive, and motivating learning platform, students responded positively to its use. To enhance student learning outcomes in the subject of Hydrosphere at SMA Negeri 4 Medan, Quizizz learning materials can serve as a useful alternative.</em></p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3418 MENGAPA MEMILIH MENGAJAR EKONOMI? PERAN PERSEPSI PROFESI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA CALON GURU 2025-07-05T02:54:26+00:00 Titania Mahardika Putri [email protected] Riza Yonisa Kurniawan [email protected] <p>Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia yang diperlukan untuk kelangsungan hidup di dunia. Melalui pendidikan, manusia dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Profesi guru dipandang sebagai pekerjaan yang terhormat dan mulia, dengan peran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa dan berakhlak baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, terhadap minat menjadi guru. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi profesi guru, lingkungan keluarga dan efikasi diri memiliki pengaruh terhadap minat menjadi gurudan secara bersamaan ketiga variable tersebut berpengaruh terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa.</p> <p><em>Education is one of the important aspects in human life that is needed for survival in the world. Through education, humans can develop quality Human Resources (HR) that make a positive contribution to society. The teaching profession is seen as an honorable and noble job, with a role to educate the nation's life and improve the quality of Indonesian people who are faithful, pious and have good morals. This study aims to analyze the influence of the perception of the teaching profession, family environment, self-efficacy, on the interest in becoming a teacher. The analysis method used is Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS SEM). The results of this study indicate that the perception of the teaching profession, family environment and self-efficacy have an influence on the interest in becoming a teacher and simultaneously the three variables influence the interest in becoming a teacher in students.</em></p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan https://ojs.co.id/1/index.php/jpkp/article/view/3545 ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI KELAS VII B SMP IT AL ULUM DADAPAN WAJAK 2025-07-27T04:13:21+00:00 Agus Ainul Yakin [email protected] Usrin Malika [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemanfaatan aplikasi TikTok oleh guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis narasi di kelas VII B SMP IT Al Ulum Dadapan Wajak. Fokus penelitian adalah mengkaji bagaimana guru mengintegrasikan media TikTok dalam proses pembelajaran, strategi yang digunakan, dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi mendalam terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen perencanaan pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia dan proses pembelajaran yang melibatkan 17 siswa kelas VII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan TikTok melalui tahapan sistematis: perencanaan kurasi konten, strategi presentasi video, fasilitasi diskusi interaktif, dan pembimbingan praktik menulis. Proses pembelajaran menunjukkan adaptasi pedagogis yang inovatif dengan memanfaatkan karakteristik media sosial untuk menciptakan engagement dalam pembelajaran menulis narasi.</p> <p><em>This study aims to analyze the process of utilizing TikTok application by Indonesian Language teachers in narrative writing learning in grade VII B at SMP IT Al Ulum Dadapan Wajak. The research focus is examining how teachers integrate TikTok media in the learning process, strategies used, and challenges faced in its implementation. The research employed descriptive qualitative method with data collection techniques through in-depth observation of the learning process, teacher interviews, and analysis of learning planning documents. Research subjects were Indonesian Language teachers and the learning process involving 17 grade VII B students. Results showed that teachers implemented TikTok through systematic stages: content curation planning, video presentation strategies, interactive discussion facilitation, and writing practice guidance. The learning process demonstrated innovative pedagogical adaptation by utilizing social media characteristics to create engagement in narrative writing learning.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-07-30T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pemikiran dan Kajian Pendidikan