MENGATASI PERMASALAHAN PESERTA DIDIK FASE D YANG TIDAK HAFAL PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA MATH CHESS (STUDI KASUS PESERTA DIDIK DI MTS. AL-WASHLIYAH TANJUNG MORAWA)
Kata Kunci:
Math Chess, Perkalian, Media Pembelajaran InovatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan perkalian dasar peserta didik dan efektivitas media pembelajaran inovatif, yaitu Math Chess, dalam meningkatkan kemampuan hafalan perkalian peserta didik fase D di MTs. Al-Washliyah Tanjung Morawa. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan perkalian peserta didik sebelum treatment tergolong rendah, terutama pada perkalian angka besar 6 – 9. Klasifikasi awal menunjukkan 56,25% berada pada kategori menengah, 37,5% rendah, dan 6,25% sangat rendah. Setelah diberikan tretament menggunakan media Math Chess, kemampuan perkalian peserta didik meningkat signifikan yaitu 75% peserta didik mencapai kategori tinggi dan 25% sangat tinggi. Media ini juga menumbuhkan motivasi dan sikap positif terhadap matematika. Penelitian ini menyarankan penggunaan media pembelajaran berbasis permainan sebagai alternatif inovatif untuk mengatasi kendala penguasaan dasar operasi matematika dan meningkatkan minat belajar peserta didik.
This study aims to determine the level of students' mastery of basic multiplication and the effectiveness of innovative learning media, namely Math Chess, in improving the multiplication memorization abilities of Phase D students at MTs. Al-Washliyah Tanjung Morawa. The method used is qualitative research with a case study approach and data collection techniques in the form of written tests, interviews and questionnaires. The research results showed that the level of mastery of students' multiplication before treatment was low, especially in multiplication of large numbers 6 - 9. Initial classification showed that 56.25% were in the middle category, 37.5% were low, and 6.25% were very low. After being given treatment using Math Chess media, students' multiplication abilities increased significantly, namely 75% of students reached the high category and 25% very high. This media also fosters motivation and positive attitudes towards mathematics. This research suggests the use of game-based learning media as an innovative alternative to overcome obstacles to mastering basic mathematical operations and increase students' interest in learning.