INTEGRASI KEARIFAN LOKAL SANGIANG SERRI’ DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI BULUKUMBA

Penulis

  • Nurhikmah STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Nurhikma Awalia STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Rira Al-Fatiha STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Sulfani STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Afriandi Amir STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Aminandar STAI Al-Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Sangiang Serri, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Bulukumba sebagai salah satu wilayah dengan mayoritas penduduk Muslim dan kaya akan tradisi lokal, menjadi ruang yang strategis untuk mengkaji bagaimana sangiang serri’ dapat diintegrasikan dalam pendidikan Islam, baik dalam bentuk nilai-nilai karakter, pendekatan pembelajaran, maupun kurikulum kontekstual. Pendekatan ini diharapkan dapat menjadi model pendidikan yang holistik, humanis, dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan masyarakat lokal. Penelitian ini menjadi penting untuk menggali dan merumuskan bagaimana integrasi antara kearifan lokal dan pendidikan Islam dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan karakter generasi muda di daerah tersebut. Dengan demikian, pendidikan tidak tercerabut dari akar budaya masyarakat, tetapi justru menjadi sarana transformasi nilai-nilai lokal yang selaras dengan ajaran Islam.

Bulukumba, a predominantly Muslim region rich in local traditions, presents a strategic opportunity to explore how Sangiang Serri' can be integrated into Islamic education, both in the form of character values, learning approaches, and contextual curriculum. This approach is expected to become a holistic, humanistic, and contextual educational model tailored to the needs of the local community. This research is crucial for exploring and formulating how the integration of local wisdom and Islamic education can significantly contribute to the character development of the region's younger generation. Thus, education is not detached from the cultural roots of the community but instead becomes a means of transforming local values in harmony with Islamic teachings.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30