ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI OLEH GURU BAHASA INDONESIA DI KELAS VII B SMP IT AL ULUM DADAPAN WAJAK

Penulis

  • Agus Ainul Yakin Universitas Al-Qolam Malang
  • Usrin Malika Universitas Al-Qolam Malang

Kata Kunci:

Analisis Proses Pembelajaran, Tiktok, Media Digital, Pembelajaran Menulis Narasi, Inovasi Pedagogis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pemanfaatan aplikasi TikTok oleh guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis narasi di kelas VII B SMP IT Al Ulum Dadapan Wajak. Fokus penelitian adalah mengkaji bagaimana guru mengintegrasikan media TikTok dalam proses pembelajaran, strategi yang digunakan, dan tantangan yang dihadapi dalam implementasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi mendalam terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan guru, dan analisis dokumen perencanaan pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia dan proses pembelajaran yang melibatkan 17 siswa kelas VII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengimplementasikan TikTok melalui tahapan sistematis: perencanaan kurasi konten, strategi presentasi video, fasilitasi diskusi interaktif, dan pembimbingan praktik menulis. Proses pembelajaran menunjukkan adaptasi pedagogis yang inovatif dengan memanfaatkan karakteristik media sosial untuk menciptakan engagement dalam pembelajaran menulis narasi.

This study aims to analyze the process of utilizing TikTok application by Indonesian Language teachers in narrative writing learning in grade VII B at SMP IT Al Ulum Dadapan Wajak. The research focus is examining how teachers integrate TikTok media in the learning process, strategies used, and challenges faced in its implementation. The research employed descriptive qualitative method with data collection techniques through in-depth observation of the learning process, teacher interviews, and analysis of learning planning documents. Research subjects were Indonesian Language teachers and the learning process involving 17 grade VII B students. Results showed that teachers implemented TikTok through systematic stages: content curation planning, video presentation strategies, interactive discussion facilitation, and writing practice guidance. The learning process demonstrated innovative pedagogical adaptation by utilizing social media characteristics to create engagement in narrative writing learning.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30