PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL MATERI TEKNIK DASAR PASSING DAN SERVICE BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KUTA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • Ni Luh Jelita Damawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Suwiwa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Sukarata Adnyana Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

Pengembangan Media, Addie, Audio Visual, Passing, Service, Bola Voli, Pjok

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual pada materi teknik dasar passing dan service bola voli bagi peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Kuta. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap awal, analisis kebutuhan menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat konvensional dan belum memanfaatkan media berbasis teknologi. Produk media dikembangkan dalam bentuk video pembelajaran interaktif berdurasi ±12 menit dengan bantuan perangkat lunak Canva dan CapCut. Validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa media dinyatakan sangat layak digunakan dengan skor rata-rata di atas 90% pada semua aspek. Uji coba terhadap peserta didik dilakukan dalam tiga tahap: uji perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar, yang seluruhnya memberikan hasil sangat positif. Skor kepraktisan juga menunjukkan kategori “sangat praktis” dengan persentase 90,29%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep, motivasi belajar, dan efektivitas pembelajaran PJOK. Media ini layak digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan dapat direplikasi untuk materi lainnya.

This research aims to develop audiovisual-based learning media for tenth-grade volleyball passing and serving techniques for tenth-grade students at SMA Negeri 1 Kuta. The development was conducted using the ADDIE model, which includes five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. In the initial stage, a needs analysis revealed that learning was still conventional and did not utilize technology-based media. The media product was developed in the form of an approximately 12-minute interactive learning video using Canva and CapCut software. Validation was conducted by three experts: a material expert, an instructional design expert, and a media expert. The validation results indicated that the media was highly feasible for use, with an average score above 90% across all aspects. Student trials were conducted in three stages: individual, small group, and large group, all of which yielded very positive results. The practicality score also indicated a "very practical" category with a percentage of 90.29%. The results of this study indicate that audiovisual-based learning media can improve conceptual understanding, learning motivation, and the effectiveness of Physical Education (PJOK) learning. This media is suitable for use as an alternative, innovative learning strategy and can be replicated for other materials.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30