TINJAUAN KRITIS TERHADAP MODEL ADDIE DALAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN DASAR

Penulis

  • Ida Riyanti UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Aminatussa'diah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Fadilah Safitri UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M.Hafif Agustian UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mutiara Napisya UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Leni Afriani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Kata Kunci:

Model ADDIE, Desain Pembelajaran, Pendidikan Dasar, Tinjauan Kritis, Pengembangan Kurikulum

Abstrak

Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) merupakan salah satu kerangka kerja yang banyak digunakan dalam pengembangan desain pembelajaran, khususnya di pendidikan dasar. Tinjauan kritis terhadap model ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan relevansinya dalam konteks pendidikan saat ini. Penelitian ini mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan model ADDIE, serta tantangan yang dihadapi oleh pendidik dalam penerapannya. Melalui analisis literatur dan studi kasus, ditemukan bahwa meskipun model ADDIE menawarkan struktur yang sistematis, terdapat kebutuhan untuk adaptasi dan inovasi agar lebih sesuai dengan dinamika pembelajaran modern. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan pengembang kurikulum dalam merancang pengalaman belajar yang lebih efektif dan kontekstual.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30