PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS SISWA KELAS 6 B SD NEGERI 2 KAWAN

Penulis

  • I Putu Mertayasa ITP Markandeya Bali
  • I Wayan Numertayasa ITP Markandeya Bali
  • Ni Putu Eni Astuti ITP Markandeya Bali

Kata Kunci:

Project Based Learning, Keterampilan Menulis, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Siswa SD

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis siswa kelas VI B SD Negeri 2 Kawan melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi serta penggunaan metode pembelajaran yang monoton. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar (pre-test dan post-test), wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam rata-rata hasil belajar siswa dari pra tindakan ke siklus I dan siklus II. Pada siklus I siswa membuat cerita pendek, sedangkan pada siklus II siswa menulis puisi bertema lingkungan. Penerapan model PjBL terbukti mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, kreativitas, serta keterampilan berpikir kritis mereka. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar menulis Bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar.

This study aims to improve the writing achievement of Grade VI B students at SD Negeri 2 Kawan through the implementation of the Project-Based Learning (PjBL) model. The background of this research stems from students' low writing performance, which is caused by a lack of motivation and the use of monotonous teaching methods. This study employed Classroom Action Research (CAR), conducted in two cycles, each consisting of planning, implementation, observation, and reflection stages. Data were collected through student activity observation, learning outcome tests (pre-test and post-test), interviews, and documentation. The results showed a significant improvement in students’ average learning outcomes from the pre-action phase to the first and second cycles. In the first cycle, students wrote short stories, while in the second cycle, they composed environment-themed poems. The application of the PjBL model effectively enhanced students’ active participation, creativity, and critical thinking skills. Therefore, the Project-Based Learning model can be considered an effective alternative to improve Indonesian writing skills among elementary school students.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30