ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROSFER DI SMA NEGERI 4 MEDAN

Penulis

  • Agnes Rebeca Sianturi Universitas Negeri Medan
  • Mahara Sintong Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Quizizz, Pembelajaran Online, Pemahaman Hidrosfer

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran Quiziz dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Pada Materi Hidrosfer Di SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini memiliki jumlah siswa di kelas X-3 SMA Negeri 4 Medan berdasarkan data administrasi sekolah tahun ajaran 2024/2025 adalah sebanyak 36 siswa. Karena seluruh populasi dapat dijangkau dan tidak terlalu besar, maka penelitian ini menggunakan pendekatan total sampling, di mana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Namun, untuk keperluan validasi metodologis, perhitungan ukuran sampel juga ditampilkan menggunakan sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidrosfer di SMA Negeri 4 Medan. (2) Berdasarkan uji hipotesis dengan Paired Samples Test, ditemukan perbedaan rata-rata (Mean Difference) sebesar 14.441 antara nilai pretest (65) dan posttest (80), dengan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05). (3) Uji hipotesis menggunakan Paired Samples t-test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) = 0.000, yang jauh di bawah tingkat signifikansi 0.05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.(4) Selain itu, karena Quizizz dianggap sebagai platform yang menarik, interaktif, dan memotivasi belajar, siswa merespons dengan baik penggunaan platform ini. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Hidrosfer di SMA Negeri 4 Medan, materi pembelajaran Quizizz dapat menjadi alternatif yang berguna.

This study aims to analyse the use of Quiziz learning media in improving the learning outcomes of Grade X students in the Hydrosphere subject at SMA Negeri 4 Medan. This study has a total of 36 students in Grade X-3 at SMA Negeri 4 Medan based on school administrative data for the 2024/2025 academic year. Since the entire population is accessible and not too large, this study employs a total sampling approach, where all members of the population are included as research samples. However, for methodological validation purposes, sample size calculations are also presented using sampling. The research findings indicate that: (1) This study demonstrates that the use of the Quizizz learning platform significantly improves student learning outcomes in the Hydrosphere subject at SMA Negeri 4 Medan. (2) Based on the hypothesis test using the Paired Samples Test, a mean difference of 14.441 was found between the pretest score (65) and the posttest score (80), with a significance level of 0.000 (< 0.05). (3) The hypothesis test using the Paired Samples t-test yielded a Sig. (2-tailed) value of 0.000, which is far below the significance level of 0.05, thus rejecting H0 and accepting H1. (4) Additionally, since Quizizz is considered an engaging, interactive, and motivating learning platform, students responded positively to its use. To enhance student learning outcomes in the subject of Hydrosphere at SMA Negeri 4 Medan, Quizizz learning materials can serve as a useful alternative.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30