MENGAPA MEMILIH MENGAJAR EKONOMI? PERAN PERSEPSI PROFESI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA DAN EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA CALON GURU
Kata Kunci:
Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri, Minat Menjadi GuruAbstrak
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia yang diperlukan untuk kelangsungan hidup di dunia. Melalui pendidikan, manusia dapat mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Profesi guru dipandang sebagai pekerjaan yang terhormat dan mulia, dengan peran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang beriman, bertakwa dan berakhlak baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri, terhadap minat menjadi guru. Metode analisis yang digunakan adalah Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi profesi guru, lingkungan keluarga dan efikasi diri memiliki pengaruh terhadap minat menjadi gurudan secara bersamaan ketiga variable tersebut berpengaruh terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa.
Education is one of the important aspects in human life that is needed for survival in the world. Through education, humans can develop quality Human Resources (HR) that make a positive contribution to society. The teaching profession is seen as an honorable and noble job, with a role to educate the nation's life and improve the quality of Indonesian people who are faithful, pious and have good morals. This study aims to analyze the influence of the perception of the teaching profession, family environment, self-efficacy, on the interest in becoming a teacher. The analysis method used is Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS SEM). The results of this study indicate that the perception of the teaching profession, family environment and self-efficacy have an influence on the interest in becoming a teacher and simultaneously the three variables influence the interest in becoming a teacher in students.