PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SISWA SD INPRES MONCONG-MONCONG

Penulis

  • Kurniawati Buton Universitas Megarezky
  • Eka Fitriana HS Universitas Megarezky
  • Waddi Fatimah Universitas Megarezky
  • Baharuddin Hafid Universitas Megarezky

Kata Kunci:

Pengaruh Multimedia, Kearifan Lokal dan Penguatan Karakter

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia berbasis kearifan lokal terhadap penguatan karakter siswa SD Inpres Moncong-Moncong dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pemilihan sampel dilakukan secara acak dan sampel pada penelitian ini ialah kelas IV A yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi guru, siswa, penguatan karakter dan angket. Teknik analisis daya yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial adapaun hasil analisis data yang diperoleh setelah penerapan multimedia berbasis kearifan lokal yaitu untuk aktivitas guru 3.1, aktivitas siswa 3.1 dan penguatan karakter siswa 2.5 yang berada pada kategori baik. Sedangkan Uji normalitas pretest .062 dan posttest .081, hasil uji homogenitas .817, untuk uji hipotesis dengan uji one sample t test mendapatkan taraf sig=000. sehingga dapat dikatakan bahwa pengujian yang dilakukan valid dan hipotesis H1 bisa diterima yaitu terdapat Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguatan Karakter Siswa SD Inpres Moncong-Moncong.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20