PROFIL KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK YANG DIKEMBANGKAN MELALUI PEMBELAJARAN ADI MATERI LARUTAN PENYANGGA
Kata Kunci:
Keterampilan argumentasi, model argument driven inquiry, larutan penyanggaAbstrak
Keterampilan argumentasi merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang sangat penting untuk dilatihkan dalam pembelajaran kimia. Argumentasi memungkinkan peserta didik untuk berpikir kritis, mengorganisasi pemikiran dengan logis, serta menyampaikan ide atau pendapat dengan jelas dan meyakinkan. Model Argument Driven Inquiry dirancang secara khusus untuk mendorong peserta didik mengembangkan kemampuan argumentasi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan argumentasi peserta didik yang dikembangkan melalui pembelajaran Argument Drive Inquiry (ADI) pada materi larutan penyangga.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental dan desain one group pretest-posttest. Analisis data dilakukan menggunakan uji t satu pihak untuk menguji perbedaan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikasi (p-value) pretest yang diperoleh lebih dari 0,05 dan nilai signifikasi (p-value) posttestĀ kurang dari 0,05. Berdasarkan uji tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan argumentasi peserta didik sebelum dan setelah pembelajaran, yang menunjukkan bahwa keterampilan argumentasi meningkat secara signifikan dalam pembelajaran menggunakan model ADI