PENTINGNYA PENERAPAN PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN MELALUI IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM HIDUP KETARUNAAN DI SEKOLAH KEDINASAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PERHUBUNGAN

Penulis

  • Hairul Amren Samosir Politeknik Penerbangan Medan
  • SAUT MARULI MANURUNG Politeknik Penerbangan Medan

Kata Kunci:

pendidikan anti kekerasan, nilai-nilai pancasila, sekolah kedinasan, lingkungan pendidikan

Abstrak

Penerapan pendidikan anti kekerasan dan nilai-nilai Pancasila dalam konteks pendidikan ketarunaan di Sekolah Kedinasan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan menawarkan pendekatan yang penting dalam membentuk lingkungan pendidikan yang aman, inklusif, dan menghargai martabat manusia. Nilai-nilai Pancasila, khususnya tentang mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahluk Tuhan Yang Maha Esa, gotong royong dan saling menghormati, menjadi landasan penting dalam membentuk karakter taruna/i yang bertanggung jawab, memprioritaskan perdamaian, dan menghormati keberagaman. Melalui program pendidikan anti kekerasan yang menyeluruh, melibatkan seluruh komponen sekolah, dan mengintegrasikan pembelajaran tentang hak asasi manusia, resolusi konflik, dan budaya damai, sekolah kedinasan dapat menciptakan lingkungan sekolah bebas kekerasan. Peran pemimpin dan pengajar sangat penting dalam mengsosialisasikan nilai-nilai tersebut serta memastikan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31