PENERAPAN MEDIA FLASHCARD DAN FLIPBOOK SEBAGAI STRATEGI MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Shella Husna Maharani Universitas Negeri Medan
  • Tresia Pebrianti Banurea Universitas Negeri Medan
  • Rahmi Khoiriyah Universitas Negeri Medan
  • Cucu Tri Ayu Ningrum Universitas Negeri Medan
  • Fitria Adi Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Novi Sesilia Pakpahan Universitas Negeri Medan
  • Josep Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Fitriani Lubis Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Membaca Permulaan, Pendekatan Eksperimen, Media Pembelajaran Flashcard dan Flipbook

Abstrak

Meningkatkan pemahaman membaca sejak usia dini mempunyai dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan akademik dan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengenalan media flashcard dan flipbook ke dalam program membaca permulaan bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa belajar dengan kartu flash dan flipbook secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca mereka. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media tersebut secara efektif dapat meningkatkan pemahaman membaca  siswa sekolah dasar. Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi  pendidik dalam merancang program membaca cepat yang efektif dengan menggunakan flashcard dan flipbook sebagai alat bantu pembelajaran. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menguji efek jangka panjang penggunaan media ini terhadap peningkatan pemahaman membaca siswa secara keseluruhan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30