Jurnal Psikologi Dinamika https://ojs.co.id/1/index.php/jpd id-ID Sat, 30 Aug 2025 17:45:20 +0000 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP ADVERSITY QOUTIENT PADA PECANDU NARKOBA DI KLINIK PRATAMA BNNP SUMBAR https://ojs.co.id/1/index.php/jpd/article/view/3562 <p><em>The high failure rate of drug rehabilitation in Indonesia highlights the importance of psychosocial factors in the recovery process, particularly the role of family support. This study aimed to examine the influence of family support on the Adversity Qoutient(AQ) of drug users undergoing rehabilitation at the West Sumatra Provincial National Narcotics Board (BNNP Sumbar). A quantitative approach was used with 41 participants selected through purposive sampling. Data were analyzed using simple linear regression. The findings showed that most participants reported very high levels of family support (73.2%) and high levels of AQ (61%). A significant influence was found between family support and AQ (p = .000, R² = .982). Emotional, instrumental, informational, and appraisal support from family were found to enhance the individual’s ability to manage challenges, particularly in the areas of control and personal responsibility. These findings underscore the critical role of active family involvement in building psychological resilience throughout the rehabilitation process. Family-based interventions are recommended to improve recovery outcomes and reduce relapse risk.</em></p> <p>Tingginya tingkat kegagalan rehabilitasi pecandu narkoba di Indonesia menunjukkan pentingnya peran faktor psikososial dalam proses pemulihan, salah satunya adalah dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap Adversity Qoutient(AQ) pada pecandu narkoba yang menjalani rehabilitasi di BNNP Sumatera Barat. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan melibatkan 41 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berada pada kategori dukungan keluarga sangat tinggi (73,2%) dan AQ tinggi (61%). Terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan keluarga terhadap AQ dengan nilai signifikansi p = 0,000 dan R² = 0,982. Dukungan emosional, informatif, instrumental, dan penghargaan dari keluarga terbukti memperkuat kemampuan individu dalam mengelola tantangan, khususnya dalam aspek kontrol dan tanggung jawab pribadi. Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan keluarga secara aktif berperan penting dalam membangun ketangguhan psikologis selama proses rehabilitasi. Intervensi berbasis keluarga direkomendasikan untuk meningkatkan keberhasilan pemulihan dan mencegah kekambuhan.</p> Shofia Khairunissa Utami, Rinaldi Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Psikologi Dinamika https://ojs.co.id/1/index.php/jpd/article/view/3562 Sat, 30 Aug 2025 00:00:00 +0000 MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE ROLE PLAYING DALAM BIMBINGAN KLASIKAL https://ojs.co.id/1/index.php/jpd/article/view/3600 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya&nbsp; motivasi belajar peserta didik kelas X di salah satu SMK Negeri kota Palembang, yang terlihat dari kurangnya partisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui metode role playing dalam layanan bimbingan klasikal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 36 peserta didik. Data dikumpulkan melalui angket motivasi dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase untuk angket dan analisis kualitatif deskriptif untuk lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi yang signifikan. Pada kondisi awal (pra-siklus), persentase motivasi peserta didik sebesar 55% yang termasuk dalam kategori "Kurang Baik”. Setelah Siklus l, motivasi meningkat menjadi 62% (kategori "Cukup Baik"), dan mencapai puncaknya pada Siklus ll dengan persentase 78% (kategori "Sangat Baik"). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing terbukti efektif dan berhasil meningkatkan motivasi belajar peserta didik.</p> <p><em>This study was motivated by the low learning motivation among tenth-grade students at a State Vocational High School (SMK Negeri) in Palembang, as reflected in their limited active participation during lessons. The research aimed to improve students’ learning motivation through the role-playing method in classical guidance services. This study employed the Guidance and Counseling Action Research (GCAR) method, conducted in two cycles involving 36 students. Data were collected using a motivation questionnaire and observation sheets, then analyzed using descriptive percentage and qualitative analysis. The results showed a significant increase in learning motivation, from 55% (“Poor” category) in the pre-cycle, to 62% (“Fairly Good” category) in the first cycle, and reaching 78% (“Very Good” category) in the second cycle. These findings indicate that the role-playing method effectively fosters active participation, creates an engaging learning atmosphere, and enhances students’ sense of competence in the learning process.</em></p> <p>&nbsp;</p> Sherly Miranda, Ismi Jelita, Yosef Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Psikologi Dinamika https://ojs.co.id/1/index.php/jpd/article/view/3600 Sat, 30 Aug 2025 00:00:00 +0000