PENERAPAN METODE PERMAINAN JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
Kata Kunci:
Konsep Diri, Bimbingan Kelompok, Johari WindowAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep diri peserta didik melalui penerapan metode permainan Johari Window dalam layanan bimbingan kelompok. Latar belakang penelitian ini didasari oleh temuan adanya konsep diri negatif pada beberapa siswa kelas IX.3 SMP Negeri 2 Palembang, yang ditunjukkan melalui perilaku pesimis, tidak percaya diri, dan kesulitan bersikap positif. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode permainan Johari Window diterapkan untuk membantu peserta didik mengenali diri melalui refleksi dan umpan balik dari orang lain dalam suasana kelompok kecil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep diri dari skor pre-test sebesar 51% (kategori “kurang baik”), menjadi 62% pada siklus I (kategori “cukup baik”), dan meningkat kembali menjadi 78% pada siklus II (kategori “sangat baik”). Peningkatan ini menunjukkan bahwa metode permainan Johari Window efektif digunakan dalam bimbingan kelompok untuk membantu peserta didik memahami dan mengembangkan konsep dirinya secara lebih positif.
This study aims to improve students' self-concept understanding through the application of the Johari Window game method in group guidance services. The background of this research is based on findings of negative self-concept behaviors among several students of class IX.3 at SMP Negeri 2 Palembang, such as pessimism, lack of self-confidence, and difficulty in maintaining a positive attitude. The study employed a Classroom Action Research (CAR) approach conducted in two cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection phases. The Johari Window game method was used to help students gain self-awareness through reflection and feedback in a small group setting. The results showed an improvement in students' self-concept understanding, from a pre-test score of 51% ("poor" category), to 62% in the first cycle ("fair" category), and further increased to 78% in the second cycle ("very good" category). These findings indicate that the Johari Window game method is effective in supporting students’ self-concept development through group guidance activities.