PERAN LAYANAN ADVOKASI DAN MEDIASI DALAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH

Penulis

  • Carina Nur Laili Ismail Universitas Negeri Semarang
  • Rossi Galih Kesuma Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

Layanan Advokasi, Layanan Mediasi, Bimbingan Konseling, Penyelesaian Konflik Sekolah, Systematic Literature Review

Abstrak

This systematic literature review examines the implementation of advocacy and mediation services in school guidance and counseling in Indonesia. The research analyzes five articles published in SINTA-indexed journals from 2019-2025. The method used is systematic literature review with inclusion criteria: articles published in the last 5 years, indexed in SINTA, focusing on advocacy and mediation service are integra components of effective guidance and counseling systems for resolving student probolems. The role of guidance counselors is strategic as advocates and mediators who facilitate constructive problem-solving. A collaborative approach involving various stakeholders proves to increase the effectiveness of advocacy and mediation service implementation. Systematic management with structured stages becomes key to successful implementation. Integration of local wisdom in the mediation process enhances acceptance and effectiveness of conflict resolution in Indonesia cultural contexts. The implication is that guidance counselors need to develop specific competencies in advocacy and mediation, schools need to build strong collaboration systems, and evaluation instruments need to be developed to measure servide effectiveness.

Systematic Literature Review ini mengkaji implementasi layanan advokasi dan mediasi dalam bimbingan konseling di sekolah Indonesia. Penelitian menganalisis lima artikel yang diterbitkan dalam jurnal terindeks SINTA periode 2019-2025. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan kriteria inklusi: artikel yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir, terindeks SINTA, fokus pada layanan advokasi dan mediasi dalam bimbingan dan konseling, dan konteks penelitian Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan advokasi dan mediasi merupakan komponen integral dalam sistem bimbingan konseling yang efektif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan siswa. Peran guru BK sangat strategis sebagai advokat dan mediator yang memfasilitasi penyelesaian masalah sevata konstruktif. Pendekatan kolaboratif yang melibatkan berbagai stakeholder terbukti meningkatkan efektivitas implementasi layanan advokasi dan mediasi. Manajemen sistematis dengan tahapan terstruktur menjadi kunci keberhasilan implementasi. Integrasi kearifan lokal dalam proses budaya Indonesia. Implikasinya adalah guru BK perlu mengembangkan kompetensi khusus dalam bidang advokasi dan mediasi, sekolah perlu membangun sistem kolaborasi yang kuat, dan perlu dikembangkan instrumen evaluasi untuk mengukur efektivitas layanan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30