PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL REHEARSAL DALAM MENINGKATKAN SIKAP SALING MENGHARGAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA PALEMBANG

Penulis

  • Muhammad Ikbal Universitas Sriwijaya
  • Nurlela Universitas Sriwijaya
  • Tri Wahyuni Oktavia Universitas Sriwijaya

Kata Kunci:

Sikap Saling Menghargai, Bimbingan Kelompok, Behavioral Rehearsal

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Penelitian tindakan pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset tindakan” yang dilakukan dalam rangkaian guna memecahkan masalah. Penelitian ini mengkaji masalah sikap saling menghargai peserta didik yang masih rendah. Selanjutnya diberikan tindakan berupa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Palembang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang mengalami masalah terkait sikap saling menghargai. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu tingkat saling menghargai siswa sebelum diberikan perlakuan (treatment) layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavioral rehearsal berada dalam kategori sedang dan rendah menjadi tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik behavioral dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap saling menghargai siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palembang.

This research is a Guidance and Counseling Action Research (PTBK). Action research is essentially a series of “action research” conducted in a series to solve problems. This research examines the problem of students' low mutual respect. Furthermore, action is given in the form of applying group guidance services with sociodrama techniques. This research was conducted at SMP Negeri 2 Palembang. The research subjects were class VIII students who experienced problems related to mutual respect. The results of the research conducted are the level of mutual respect of students before being given treatment (treatment) group guidance services with behavioral rehearsal techniques are in the medium and low categories to high. From the results of the study it can be concluded that the application of behavioral techniques in group guidance services can improve the mutual respect of students in class VIII SMP Negeri 2 Palembang.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30