HUBUNGAN ORIENTASI MASA DEPAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA N 1 BRINGIN
Kata Kunci:
Orientasi Masa Depan, Motivasi Belajar, Siswa, PendidikanAbstrak
Learning motivation is a crucial factor influencing students' academic success. One of the factors that may be related to learning motivation is future orientation. This study aims to analyze the relationship between future orientation and students' learning motivation at SMA N 1 Bringin. The research method used is quantitative with a correlational approach. The study sample consists of 90 students selected using a stratified random sampling technique. Data collection was conducted using a future orientation scale and a learning motivation scale. The Pearson correlation test results indicate a significant positive relationship between future orientation and learning motivation (r = 0.68; p < 0.01). Students with a clear and realistic future orientation tend to have higher learning motivation. These findings highlight the importance of strengthening future orientation to enhance students' learning motivation. The implications of this study can serve as a reference for educators and counselors in designing programs to help students develop a more structured future orientation.
Motivasi belajar merupakan faktor krusial yang berpengaruh terhadap keberhasilan akademik siswa. Salah satu faktor yang diduga berkaitan dengan motivasi belajar adalah orientasi masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara orientasi masa depan dengan motivasi belajar siswa di SMA N 1 Bringin. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 90 siswa yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui skala orientasi masa depan dan skala motivasi belajar. Hasil analisis menggunakan uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara orientasi masa depan dan motivasi belajar (r = 0,68; p < 0,01). Siswa yang memiliki orientasi masa depan yang jelas dan realistis cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan orientasi masa depan dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dan konselor dalam merancang program yang dapat membantu siswa mengembangkan orientasi masa depan yang lebih terarah.