DAMPAK KECANDUAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PEMICU STRES AKADEMIK MAHASISWA UNIMED
Kata Kunci:
Kecanduan Media Sosial, Stres Akademik, Mahasiswa Unimed, Prokrastinasi, Kesehatan MentalAbstrak
Perkembangan media sosial telah membawa perubahan besar dalam kehidupan mahasiswa, terutama dalam aktivitas akademik mereka. Mahasiswa Universitas Negeri Medan (Unimed) merupakan bagian dari generasi digital yang aktif menggunakan media sosial. Namun, penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan, yang berpotensi memicu stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kecanduan media sosial terhadap tingkat stres akademik mahasiswa Unimed. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner daring yang disebarkan kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial cenderung mengalami peningkatan tingkat stres akademik akibat gangguan konsentrasi, prokrastinasi, dan tekanan sosial dari media sosial. Faktor lain yang berkontribusi terhadap stres akademik termasuk kurangnya manajemen waktu yang baik dan tekanan untuk selalu terhubung secara daring. Kesimpulannya, kecanduan media sosial memiliki hubungan yang signifikan dengan stres akademik mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dan strategi manajemen penggunaan media sosial yang lebih bijak untuk mengurangi dampak negatifnya terhadap kesejahteraan akademik mahasiswa.
The rise of social media has significantly impacted students' lives, especially in their academic activities. Universitas Negeri Medan (Unimed) students are part of a digital generation actively engaged in social media. However, excessive use can lead to addiction, potentially triggering academic stress. This study aims to analyze the impact of social media addiction on the academic stress levels of Unimed students. A qualitative approach was employed, with data collected through online questionnaires distributed to students. The findings indicate that students who spend more time on social media tend to experience higher levels of academic stress due to concentration difficulties, procrastination, and social pressure from online interactions. Other contributing factors include poor time management and the pressure to remain constantly connected. In conclusion, social media addiction has a significant correlation with students' academic stress. Therefore, awareness and better strategies for managing social media usage are necessary to minimize its negative impact on students' academic well-being.