UJI VALIDITAS MOTIVASI PERILAKU KONSUMEN PADA APLIKASI PINJAMAN ONLINE (PAY LATER) UNTUK BERBELANJA PADA MAHASISWA DI SURABAYA

Penulis

  • Tetuko Hamka Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hilmi Sulthon Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Haryo Radhitya Universitas Muhammadiyah Surabaya

Kata Kunci:

Motivasi Berbelanja, Paylater

Abstrak

Kemudahan layanan dan askses penggunaan pay later menjadikan pilihan mahasiswa yang memiliki sebuah kesibukan namun tetap ingin membeli barang dari e-commarce.  Dimana dalam penelitian ini berfokus pada mahasiswa memiliki motivasi berbelanja yang memiliki pengaruh pengguna paylater. Lebih lanjut dalam penentuan sampel responden yang akan digunakan dalam penelitian diambil berdasarkan perwakilan setiap universitas di Surabaya yakni dengan jumlah populasi berkisar 70 orang. menunjukkan validitas aitem terdapat lebih dari 7 dari 10 aitem yang diajukan kepada responden memiliki aitem yang valid, berdasarkan tabel 4 aitem mendapatkan skor validitas sebesar < 0,05. Aspek-aspek yang dikemukakan oleh Arbaiah (2022) masih relevan digunakan dikarenakan pada aspek yang mengalami tidak valid pada uji validitas masih terdapat aitem atau pertanyaan lain yang masih relevan untuk dipergunakan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30