EFEKTIVITAS MINDFULNESS TERHADAP STRESS AKADEMIK PADA MAHASISWA: LITERATURE REVIEW

Penulis

  • Anastasya Magdalena Putri Darmawan Universitas Tarumanagara
  • Roswiyani Universitas Tarumanagara

Kata Kunci:

Mahasiswa, Stress, Mindfulness, Literature Review

Abstrak

Mahasiswa berpotensi mengalami stress dan masalah akademik menjadi permasalahan utama yang seringkali dialami oleh mahasiswa. Pada akhirnya mahasiswa diharuskan untuk terus kreatif dalam mengelola stress yang mereka alami. Dari banyaknya cara, salah satu yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan mindfulness. Mindfulness menciptakan sebuah ketenangan yang akan dirasakan oleh mahasiswa sehingga pikiran mereka mampu dan menyanggupi untuk berfokus kepada situasi dirinya di masa sekarang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat efektivitas mindfulness dalam menurunkan stress akademik yang dialami oleh mahasiswa. Penelitian menggunakan metode literature review dengan hasil sebagai berikut [1] terdapat 9 data penelitian yang peneliti dapatkan, [2] intervensi mindfulness terbukti efektif yang diukur dengan effect size (Cohen’s d), [3] design penelitian yang paling berpengaruh adalah Randomized Controlled Trial, [4] alat ukur yang paling sering digunakan dalam penelitian adalah Perceived Stress Scale (PSS), dan [5] program memiliki durasi yang berada pada rentang 7 hari sampai 8 minggu. Keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa mindfulness memiliki efektivitas tinggi yang dapat mengurangi stress yang dialami oleh mahasiswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30