PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF ESTEEM PADA REMAJA

Penulis

  • Azlena Vira Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Evi Winingsih Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Harga Diri, Remaja, Perkembangan Psikologis, Validasi, Reliabilitas, Skala Harga Diri Rosenberg, Penelitian Kuantitatif

Abstrak

Studi ini berfokus pada pengembangan instrumen harga diri untuk remaja, yang membahas konsep psikologis harga diri, yang berkaitan dengan penilaian diri individu. Harga diri mencakup perasaan positif dan negatif tentang diri sendiri dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis kelamin, penampilan fisik, dan lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang diusulkan oleh Thiagarajan et al. Tahap awal melibatkan pendefinisian konsep harga diri melalui tinjauan literatur dan definisi operasional. Selanjutnya, fase desain menciptakan cetak biru instrumen yang mencakup variabel dan indikator. Fase pengembangan meliputi penilaian ahli dan pengujian perkembangan untuk memvalidasi efektivitas instrumen. Pengujian empiris dengan sampel 21 remaja mengonfirmasi validitas dan reliabilitas instrumen tersebut, dengan skor Cronbach's Alpha sebesar 0,857 yang menunjukkan reliabilitas tinggi. Temuan ini menekankan pentingnya harga diri dalam kesehatan mental dan menyediakan alat yang dapat diandalkan untuk penelitian lebih lanjut serta intervensi yang bertujuan meningkatkan harga diri remaja.

This study focuses on the development of a self-esteem instrument for adolescents, addressing the psychological concept of self-esteem, which pertains to an individual's self-assessment. Self-esteem encompasses both positive and negative feelings about oneself and is influenced by various factors, including gender, physical appearance, and family environment. The research employs a quantitative approach using the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate) proposed by Thiagarajan et al. The initial phase involves defining self-esteem concepts through literature reviews and operational definitions. Following this, a design phase creates an instrument blueprint that includes variables and indicators. The development phase includes expert appraisal and developmental testing to validate the instrument's effectiveness. Empirical testing with a sample of 21 adolescents confirms the instrument's validity and reliability, with a Cronbach's Alpha score of 0.857 indicating high reliability. The findings underscore the importance of self-esteem in mental health and provide a reliable tool for further research and interventions aimed at enhancing adolescent self-esteem.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30