PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERENCANAAN KARIER SISWA SMA/SMK

Penulis

  • Ulfa Madina Fitrayani Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Universitas Negeri Surabaya
  • Evi Winingsih Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Perencanaan Karier, Bimbingan Dan Konseling, Pengembangan Instrument

Abstrak

Career planning is a very important process for individuals in determining and achieving their career goals. This process not only involves choosing a job, but also includes a deep understanding of oneself, including interests, values, and abilities. With good career planning, individuals can formulate the strategic steps needed to achieve their professional goals. This study focuses on the development of a career planning understanding instrument for high school/vocational high school students. The development model used is the 4D model developed by S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. Semmel. The stages in this model include Defining, Designing, Developing, and Disseminating. The data used are quantitative data obtained from the scoring results of the questionnaires of experts and high school/vocational high school student respondents. The results of the study indicate that the "career planning understanding" instrument developed has met the criteria of practicality, feasibility, and language. This instrument has been validated using the Content Validity Ratio (CVR) and Content Validity Index (CVI), and has shown positive results in validity and reliability tests. The Cronbach's Alpha value of 0.747 indicates that this instrument has a good level of reliability.

Perencanaan karier merupakan proses yang sangat penting bagi individu dalam menentukan dan mencapai tujuan karir mereka. Proses ini tidak hanya melibatkan pemilihan pekerjaan, tetapi juga mencakup pemahaman yang mendalam tentang diri sendiri, termasuk minat, nilai-nilai, dan kemampuan yang dimiliki. Dengan perencanaan karier yang baik, individu dapat merumuskan langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk mencapai cita-cita profesional mereka. Studi ini difokuskan pada pengembangan instrumen pemahaman perencanaan karier bagi siswa SMA/SMK. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Tahapan-tahapan dalam model ini meliputi Defining, Designing, Developing, dan Disseminating. Data yang digunakan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil skoring pada angket para ahli dan responden siswa SMA/SMK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen "pemahaman perencanaan karier" yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan, kelayakan, dan kebahasaan. Instrument ini telah divalidasi dengan menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validity Index (CVI), serta telah menunjukkan hasil yang positif dalam uji validitas dan reliabilitas. Nilai Cronbach's Alpha sebesar 0,747 menunjukkan bahwa instrument ini memiliki tingkat reliabilitas yang baik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30