EFEKTIVITAS TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENGURANGI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DI INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TORAJA (IAKN TORAJA)
Kata Kunci:
Stres Akademik, Teknik Restrukturisasi Kognitif, Mahasiswa, Iakn Toraja, Intervensi PsikologisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas teknik restrukturisasi kognitif dalam mengurangi stres akademik pada mahasiswa di IAKN Toraja. Stres akademik adalah kondisi psikologis yang muncul ketika tuntutan akademik melebihi kemampuan individu. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan penurunan signifikan dalam tingkat stres akademik mahasiswa setelah intervensi. Program ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi konselor dalam menangani masalah stres akademik di lingkungan perguruan tinggi.
This study aims to examine the effectiveness of cognitive restructuring techniques in reducing academic stress among students at IAKN Toraja. Academic stress is a psychological condition that arises when academic demands exceed an individual's capabilities. The research method employed is an experimental design with a pretest-posttest design. The results indicate a significant decrease in students' academic stress levels following the intervention. This program is expected to provide guidance for counselors in addressing academic stress issues in higher education settings.