PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 DELI SERDANG PADA MATA PELAJARAN IPS
Kata Kunci:
Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTS Negeri 3 Deli Serdang pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, penelitian ini lebih menekankan pengolahan datanya dalam bentuk angka. Dalam pengolahan data, penelitian ini menggunakan bantuan microsoft excel 2010 dan SPSS versi 25. Seluruh kelas VIII di sekolah ini ditetapkan sebagai populasi penelitian yang terdiri dari enam kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C sebagai kelas kontrol dan VIII-D sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes, tes diberikan kepada seluruh sampel dengan jumlah dan pertanyaan sejenis. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistic inferensial (Uji T). Sebelum dilakukannya Uji T, data harus bersifat normal dan homogen sehingga didapatkan hasil yang diinginkan pada Uji T. Hasil akhir pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) terhadap hasil belajar IPS antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah sebesar 80 sedangkan kelas kontrol sebesar 65.411. Selain itu, analisis data menggunakan Uji T diperoleh hasil dengan nilai thitung sebesar 16.360 dan sig(2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05. Berdasarkan pengujian hipotesis tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS kelas VIII di MTS Negeri 3 Deli Serdang.