ANALISIS LITERASI MEMBACA TERHADAP BERPIKIR KRITIS PADA FASE B (III) PESERTA DIDIK SD N 1 SEWON
Kata Kunci:
Kemampuan Membaca, Faktor, SolusiAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca yang ditemui pada peserta didik Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan membaca peserta didik pada fase B (3) di SD Negeri 1 Sewon., penyebab rendahnya kemampuan membaca peserta didik, lalu upaya yang akan dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalahan ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dimana subjeknya adalah peserta didik fase B (3 B). Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri, dumana peneliti membuat lembar soal untuk wawancara peserta didik, dan tesnya mengggunakan buku bacaan dengan judul “Energi dan perubahannya”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes lisan. Untuk membuat analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian kemampuan membaca peserta didik fase B (3 B) SD Negeri 1 Sewon yaitu terdapat 20 peserta didik dengan jumlah laki-laki ada 13 dan perempuan ada 7. Dimana 11 peserta didik lancar dalam membaca terhadap berpikir kritis dengan rentang perolehan nilai 75, peserta didik yang cuku lancar ada 4 dengan rentang nilai 65, dan peserta didik yang belum lancar masih ada 5 dengan rentang 55. Jadi hasil tes kemampuan membaca terhadap cara berpikir peserta didik kelas III B SD Negeri 1 Sewon, secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 73 dengan masuk dalam kategori belum lancar.