STRATEGI EFEKTIF DALAM MENDORONG PERKEMBANGAN BAHASA DI TK RADEN AJENG KARTINI

Penulis

  • Karrena Noviana Universitas Negeri Medan
  • Nadia Suri Utami Universitas Negeri Medan
  • Dwi Kasih Togina Nababan Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Perkembangan Bahasa, Strategi Efektif, Pendidikan Anak Usia Dini, Pengembangan Komunikasi

Abstrak

Perkembangan bahasa pada anak usia dini merupakan aspek penting dalam proses pendidikan. Tujuan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi strategi efektif yang dapat digunakan untuk mendorong perkembangan bahasa  dini di TK Raden Agen Kartini. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi efektif yang dapat diterapkan di TK Raden Agen Kartini, antara lain: 1) menciptakan lingkungan yang penuh dengan rangsangan bahasa; 2) mengintegrasikan kegiatan bermain ke dalam pengembangan bahasa; 3) menerapkan metode pembelajaran  interaktif dan partisipatif; 4) melibatkan orang tua dalam mendukung perkembangan bahasa anak, dan 5) memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu  pembelajaran bahasa. Penerapan strategi tersebut secara konsisten dan tepat sasaran dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan perkembangan bahasa awal di TK Raden Agen Kartini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31