PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PECAHAN PUZZLE 3D MATEMATIKA PECAHAN SENILAI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pengembangan, Papan Pecahan Puzzle 3D, Pecahan SenilaiAbstrak
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran guna menunjang keefektivan belajar mengajar pada mata pelajaran matematika pecahan senilai. Dalam penelitian ini juga memaparkan proses pengembangan, kelayakan media pembelajaran, dan kemenarikan media pembelajaran yang diterapkan pada proses pembelajaran. Selain itu pengembangan media ini juga dapat merangsang pemikiran atau memfokuskan perhatian peserta didik dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini ialah Research and Development (Rnd) dengan menggunakan model ADDIE oleh Robert Meribe Branch. Proses pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan menggunakan lima tahapan yakni analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek yang digunakan yakni peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini akan diuraikan menjadi deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Wawancara digunakan peneliti untuk menganalisis permasalahan dan kebutuhan responden di lokasi penelitian. Tahap validasi dilaksanakan dengan uji kelayakan kepada tim ahli materi dan media dengan menggunakan angket validator. Selanjutnya akan dilakukan perbaikan sesuai dengan saran dari tim ahli. Hasil dari uji validasi dinyatakan valid dan dapat dilakukan penelitian. Kemudian dilakukan dua kali uji coba. Pada uji coba skala kecil menggunakan 6 responden dan uji skala besar menggunakan 14 responden. Uji kemenarikan media dilakukan pada saat dua kali uji coba lapangan dengan menggunakan angket respon siswa. Perolehan rata-rata dari dua kali uji coba mencapai kategori sangat menarik digunakan dalam pembelajaran. Terakhir akan dilakukan rekapitulasi dari semua penilaian dan mendapat hasil memenuhi kriteria dalam pengembangan media pembelajaran.