EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Penulis

  • Desintha Paxia Mayesty Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Kata Kunci:

Indonesian Realistic Mathematics Education Approach, Understanding Of Mathematical Concept

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Dalam penelitian ini, populasinya mencakup seluruh siswa kelas XII SMAN 1 Sedayu. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Dalam penelitian ini, dilakukan uji non parametrik berupa Wilcoxon signed rank test dan uji Mann Whitney U test. Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan bahwa signifikansi (0,000<0,05) sehingga H_0 ditolak. Akan tetapi pada uji Mann-Whitney U test didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,617 yang membuat H_0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada kelas XII MIPA 3.

This research aims to determine the effectiveness of the Indonesian Realistic Mathematics Education approach in enhancing students' understanding of mathematical concepts. The study employs a quasi-experimental design. The population for this research includes all twelfth-grade students at SMAN 1 Sedayu. The instrument used in this study is a test measuring mathematical concept understanding. Non-parametric tests were conducted to test the research hypothesis include the Wilcoxon signed-rank test and the Mann Whitney U test. The Wilcoxon Signed Rank Test indicates significance (0.000 < 0.05), that means H_0 is rejected. However, the Mann-Whitney U test yields an Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.617, leading to the acceptance of H_0. Therefore, it can be concluded that the Indonesian Realistic Mathematics Education approach is not effective in improving the mathematical concept understanding of students of XII MIPA 3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31